MENANAM POHON JABON BAGAIKAN MENANAM EMAS BATANGAN

Bibit Pohon Jabon : artikel yang kami tulis ini akan membahas mengenai jabon. Salah satu varietas  dari jenis kayu jati bongsor yang selama ini di kenal oleh masyarakat dan sudah ramai dibudidayakan  .pohon jabon memiliki berbagai kelebihan  diantaranya memiliki pertumbuhan yang relatif cepat bila dibandingkan dengan sengon .

pohon jabon panen pada umur 7 tahunan diameternya sudah sangat memadai dari segi kulaitas yang dibutuhkan pasar pabrik-pabrik terbesar, maka pohon jabon bisa panen yang ke dua kalinya ,bisa mulai di panen di umur 4 dan 5 tahun difaktor sebabkan akar yang menumbuh sudah besar tidak susah beradaptasi dengan lingkungan. Selama ini bibit Pohon Jabon memiliki harga yang relatif lebih sederhana yang beredar di kalangan masyarakat.
Disamping keunggulan tersebut, kayu jabon sangat bagus untuk dibuat kayu lapis, konstruksi ringan, peti buah, aneka handycraft, papan cor , pinsil, kertas dan sebagainya. Harga jabon di level pabrikan mulai 400 an ribu sd 1,2 juta per meter kubik.
Untuk Lokasi Budidaya Pohon jabon yang sangat cocok adalah di ketinggian 10- 700 meter dari permukaan laut. Kenapa kami sarankan demikian ? karena pohon jabon yang berada di ketinggian diatas 700 meter dari permukaan laut dan daerah berkabut kurang bagus pertumbuhannya. Pemilihan jenis tanah dari daerah berbatu sampai daerah yang subur sangat bagus, yang terpenting hindari daerah yang memiliki genangan air yang sangat lama. Jarak tanam yang kami sarankan minimal 2 x 4 meter supaya mempercepat bertumbuhan dan bisa dilakukan penjarangan mulai umur 3,5 tahun.
Kayu  ini juga memiliki akar yang mampu mengikat nitrogen dari udara, otopmatis tanah disekitar tanaman menjadi lebih subur, 
Gambar di bawah Sebagai Bahan Contoh Pohon Jabon Yang sudah Tumbuh diatas 1 / 2 tahun 

Share this

Related Posts

Latest
First